Cara Merawat Ikan Koki

In: Story

15 Aug 2010

cara merawat ikan kokiCara Merawat Ikan Koki. Sebelumnya, tulisan ini saya buat karena saya mendadak baru mulai memelihara ikan hias mas koki atau yang sering disebut ikan koki. Ceritanya tepat kemaren ini, sore hari seperti biasa saya ngenet browsing-browsing seperti biasa, tanpa disadari pikiran saya bisa sampai keinginan untuk memelihara ikan koki. Padahal saya belum tahu bagaimana Cara Merawat Ikan Koki yang baik. Akhirnya tanpa pikir panjang sore itu juga saya bergegas pergi untuk membeli segala perlengkapan untuk memelihara ikan hias. Seperti akuarium dan pelengkapnya serta tentunya ikan itu sendiri. Berbekal searching di Google bagaimana Cara Merawat Ikan Koki maka saya juga coba untuk posting disini.

Mungkin ini bisa jadi sedikit Tips Memelihara Ikan Koki maksudnya yang baru akan memelihara ikan hias. Pertama untuk pencarian akuarium, sesuaikan dengan kebutuhan dimana akuarium diletakkan dan tentunya budget juga. Seperti saya yang hanya untuk diletakkan di kamar sendiri cukup butuh akuarium yang tidak terlalu kecil tapi juga tidak besar ukurannya sekitar PxLxT=30x15x15 cm. Kedua untuk penggunaan gelembung udara. Beberapa ikan hias sangat membutuhkan dan mungkin ada beberapa yang lain tidak. Karena saya rasa butuh maka saya cari yang murah dan tentunya tidak bising (berada di kamar) agar tidak mengganggu tidur kita. Ketiga utnuk pencahayaan atau hiasan atau alas akuarium dll sebagai pelengkap keindahan akuarium bebas sesuka kita tergantung budget yang kita punya.

Yang terakhir menentukan ikan hias apa yang akan kita pelihara. Setelah pindah dari satu penjual ikan hias ke tempat lain entah karena memang di tempat saya ini hanya sedikit pilihannya karena hanya itu-itu saja jenis-jenis ikannya maka akhirnya pilihan saya jatuh ke ikan koki. Meskipun sudah umum dan paling banyak dipelihara, tapi memang waktu melihatnya ternyata menarik dan lucu dari warna dan bentuknya. Jadi saya putuskan membeli sepasang ikan koki. Setelah semuanya beres akhirnya jadi sudah keinginan mendadak untuk memelihara ikan hias dan tepatnya merawat ikan koki. Berikut penampakan ikan koki saya.

ikan koki

Maaf jika curhatnya kebanyakan karena mungkin tadi ada sedikit berbagi Tips Memelihara Ikan Koki yang baru saja saya lakukan. Kemudian setelah beres semuanya mulailah saya browsing-browsing mencari bagaimana Cara Merawat Ikan Koki yang benar biar ikannya awet ga cepet mati. Dari beberapa referensi tersebut hampir semua pada dasarnya sama dalam Cara Merawat Ikan Koki dan disini juga coba saya sampaikan barangkali bisa bermanfaat juga untuk yang lain.

Cara Merawat Ikan Koki

1. Ikan koki harus membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium).
2. Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.
3. Beri makan cukup 2x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki).
4. Kuras air akuarium sekitar dua minggu sekali (tergantung berapa lama air cepat kotor) ini untuk yang tidak memakai saringan pembuangan akuarium. Jika ada budget lebih bisa menggunakan filter lebih baik.
5. Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu ciduk (gayung) air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
6. Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung. Kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
7. Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tersebut. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan biar bisa cepat adaptasi lagi.
8. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.

Tips tambahan : Jika suatu saat listrik mati dan air pump atau gelembung udara mati salah satu solusinya coba kurangi air yang ada di akuarium dengan begitu mungkin bisa lebih lama bertahan.

Cara Merawat Ikan Koki diatas saya peroleh dari berbagai sumber referensi dan pada dasarnya sama hanya beberapa mungkin menyesuaikan dengan kebutuhan pemeliharaan ikan koki itu sendiri. Cara Merawat Ikan Koki ini pun baru akan saya coba karena saya juga baru mulai memelihara ikan hias ikan mas koki. Jika pada kenyataan setelah saya praktekkan Cara Merawat Ikan Koki ini ada yang kurang benar dan keliru atau ada yang perlu ditambahkan nanti akan saya update lagi.

Semoga saya sendiri juga tidak bosan dan lelah untuk memelihara ikan hiasa ikan mas koki saya yang baru ini. Ternyata setelah dinikmati asik juga ngeliatnya. Bisa jadi obat kepenatan misalkan seharian optimasi Travel Jakarta Bandung dengan ditemani sepasang ikan koki mungil saya menjadi lebih segar lagi. Semoga Cara Merawat Ikan Koki bisa bermanfaat ;) .

macfamous

Related Posts:

119 Responses to Cara Merawat Ikan Koki

Avatar

enggink

August 19th, 2010 at 11:50 am

wah tipsnya keren mas, cm kalo saya ga telaten sama ikan, lagian akuarium saya isinya hamster :D

Avatar

rerez

September 3rd, 2010 at 1:17 pm

wow..tengkyu yah…aku mau beli ikan kokiii..!!tapi kalau aku pergi keluar rumah 2 hari ikannya mati ga..trus kalau libur panjang…???gimana?

Avatar

Antony

September 9th, 2010 at 1:09 pm

Thanks y mas atas tips ny. aku jga ru pelihara ikan koki. Kira2 ada gk tips to menghlangkan jamur pada ikan? :D

Avatar

comment

September 18th, 2010 at 10:03 pm

keren, aku mau coba peliara ah :D

Avatar

dqni

September 18th, 2010 at 11:25 pm

hobi nya sama mas,sy jg br mulay,melihara nya?tp tips nya keren jg,smoga berhasil dgn ikan2 nya….

Avatar

free music download mp3

September 25th, 2010 at 3:52 pm

ikan kokinya kayaknya mantab tuh hehe

Avatar

goodman

September 26th, 2010 at 9:11 am

Pencahayaannya bagus gan. Lampu2nya berapa watt sih, dan berapa harganya?

Tq

Avatar

hans

September 28th, 2010 at 9:57 am

kalo pelihara ikan koki di akuarium bisa dicampur ikan laen gak ya ?

Avatar

sbt

October 1st, 2010 at 7:37 pm

kalau soal obat2annya ada info nggak?
untuk menghindari ikan jadi sakit…

terus waktu aku pakai filter, waktu filternya dicheck lagi, emang kotor…
tapi ada sejenis ulat merah kecil2 di filternya…
apa ini nggak apa2 (normal)?

thx.

Avatar

Tasya Karissa

October 6th, 2010 at 4:15 pm

Sebagai tambahan mas/pak, saat mengganti air (menguras) usahakan jangan menggunakan 100% air baru terutama bila menggunakan air ledeng/PAM. Sebaiknya Air lama disisakan 30-50%, agar ikan tidak terlalu kaget dengan air yang baru. Oya.. Ikan Koki senang dengan tanaman yang bernama Hydrilla.. itu tuh yang panjang-panjang dan daunnya lancip, agak mirip duri namun tidak tajam..

Avatar

ria

October 14th, 2010 at 5:01 pm

dimana kh baik ny meletakkan air pump (pembuat gelmbung air)? krn kn suka bergetar2 gtu. tq

Avatar

rifz

October 20th, 2010 at 3:28 pm

dduh,, pengen pliara tapi dirumahku sering mati lampu,,, soalnya PLNnya korpsi sih…

Avatar

denny

October 21st, 2010 at 9:14 am

ikan koki ku mati, padahal pagi2 sebelum kuliah pagi jam 7 ak kasi makan.
kenapa ya kira2??? bls

Avatar

MacFamous

October 24th, 2010 at 12:07 am

itu ikan udah brp lama dan gmn kondisi airnya ..

Avatar

Koesworo

November 3rd, 2010 at 1:13 am

Tips alternatif menghilangkan jamur pd ikan:
pertama pindahkan ikan ketempat lain & steril, gunakan air yg bersih, kalau bisa air yg sdh di endapkan 2-3 hari. taburkan garam kolam secukupnya, bisa di beli di toko2 ikan Rp 2.500/bks. lalu beri obat anti biotik u/ ikan atau bisa jg gunakan 1 pil SUPERTETRA yg bnyk di jual ditoko2 obat. ganti airnya setiap hari dan lakukan hal sprti di atas. N jgn lupa oksigen slalu dipasang…….. ok bro…………..!! S’moga jamurnya hilang dan ikan anda kembali sehat wal afiat… kalau jamurnya ga hilang juga, kita bikin sayur aja tuh jamur…. :D

Avatar

didot

November 9th, 2010 at 8:57 am

ada sedikit tambahan buat obat2an..

saat penggantian air usahakan air yang baru agar memakai garam nonyodium..agar menghilangkan stres dan mensterilkan air..
kalo yang udah kena penyakit bisa pake obat biru..
tapi kalo yang udah parah bisa pake “gold1000″ bisa dibeli di toko ikan..

Avatar

Lukisan Termurah

November 24th, 2010 at 8:50 pm

kalau ikan koki terkena jamur, obatnya apa y mas?

Avatar

sulastri

November 29th, 2010 at 8:30 pm

baguss sekali eo…. ^^/

maaciiii… ;)

Avatar

sulastri

November 29th, 2010 at 8:33 pm

apakah menggunakan garam bisa menghilangkan jamur di ikan?

Avatar

men

November 30th, 2010 at 7:54 pm

klo pengalaman gue, kesuksesan pelihara ikan koki itu terletak di airnya, ganti airnya sebanyak 10% tiap hari, kasih mkn secukupnya jgn kebanyakan nanti air bisa jelek kualitasnya klo itu makanan gak di makan.ikan itu cepat besar bukan karena banyak makan tapi karena airnya yg sehat…soalnya gue udah pelihara koki udahh lama, gue paling suka tuh yg koki ranchu…imut n bagus klo sudah gede…hehe

Avatar

kim romeo

December 2nd, 2010 at 3:20 pm

wah,thank you bro..informasi bagus ni..aku pun baru bela ikan mas.

Avatar

eevan

December 7th, 2010 at 7:10 am

Pengalaman gw, jamur di koki bs di ilangin
pake garam or blitchitch. Ganti aer jg penting
untuk kesehatan koki. Cuci busa filter dgn rutin..jg
nolong bgt biar kualitas aer terjaga. Kasih mkn koki
Jgn trlalu byk..secukupnya aja. Gw piara Ranchu Lionhead,
Demakin Moor.. Goldfish 4ever…

Avatar

acieltoo

December 16th, 2010 at 9:48 am

gimana kalo tanpa gelembung udara??????????

Avatar

MacFamous

December 20th, 2010 at 10:23 am

yaa mesti matii nantii .. ;)

Avatar

celly

December 30th, 2010 at 5:22 pm

mo tanya ni q memelihara ikan koki dah 2x tp sellalu mati yah knp tuh ?

Avatar

muhiddin

January 17th, 2011 at 3:17 pm

aku punya ikan koi, saya pelharan sama ikan lain. tapi ikan koi nya mati semua. kenapa ya ?

Avatar

Yuyun

January 18th, 2011 at 3:12 pm

Tanya nich, biar jambulnya si koki cepat besar , kasih makan apa ya??…tengkyu

Avatar

MacFamous

January 23rd, 2011 at 2:40 am

klo soal jambul saya juga kurang tahu tuh mungkin bisa dari genetiknya juga barangkali ..

Avatar

MacFamous

January 23rd, 2011 at 2:41 am

yaa memang beberapa ikan tidak bisa dicampur asal dengan ikan jenis lain bisa saling berantem ..

Avatar

fitri

January 27th, 2011 at 7:34 pm

saya baru pelihara ikan koki, tp mulai tadi sore kenapa ikan kokinya klo berenang mundur ya????, apa dia lg stresss……

Avatar

MacFamous

January 29th, 2011 at 11:35 am

lah kok lucu saya malah pengen kalo bisa seperti itu bisa jadi stres itu mbak ;)

Avatar

florencia irena

February 1st, 2011 at 11:54 am

[...] pikiran saya bisa sampai keinginan untuk memelihara ikan koki. Padahal saya belum tahu bagaimana Cara Merawat Ikan Koki yang baik. Akhirnya tanpa pikir panjang sore itu juga saya bergegas pergi untuk membeli segala [...]

Avatar

Cara merawat ikan koki | florencia irena

February 1st, 2011 at 11:56 am

[...] pikiran saya bisa sampai keinginan untuk memelihara ikan koki. Padahal saya belum tahu bagaimana Cara Merawat Ikan Koki yang baik. Akhirnya tanpa pikir panjang sore itu juga saya bergegas pergi untuk membeli segala [...]

Avatar

gibs

February 6th, 2011 at 10:32 pm

koki makanya berapa banyak /hr yaa??..

Avatar

bonjenk

February 26th, 2011 at 11:55 am

berapa harga ikannya????

Avatar

MacFamous

March 1st, 2011 at 10:44 pm

dua kali aja sehari sebaiknya ..

Avatar

arjunoko

March 10th, 2011 at 4:00 pm

mw tanya umur brp kira” koki da bs dikembang biakin trus gmn cr kembang biakin yg pasti berhasil

Avatar

MacFamous

March 11th, 2011 at 10:39 am

waduhh klo soal pembiakan saya jg ga ngerti nih .. ini cm sekedar sbg ikan hias aja .. ;)

Avatar

ali

March 20th, 2011 at 8:49 am

koki saya mati

Avatar

terbaik

March 23rd, 2011 at 7:30 pm

mas ada artikel lain untuk ternak ikan koki ngga???
jadiin ikan hias udah nih lagi pengen tau cara ternaknya… hehehehehe. trim”s

Avatar

olga

March 26th, 2011 at 7:04 pm

kalo nggak dikasih gelembung bisa gak??????????/

Avatar

Timur Banua

March 26th, 2011 at 7:58 pm

Moga ikan kokiku yang dirumah kagak mati.
Soalnya majikannya lagi lembur sampai malam nih ..

Avatar

Piman Yoga

March 26th, 2011 at 9:39 pm

oh… jadi gitu biar ikan cepet gede ganti 10% airnya tiap hari, kalau lebih gimana?

Avatar

Theo scumbag

April 7th, 2011 at 10:55 am

jamur bsa d cgah atau d hlngkan dngan garam atau obat biru. . , tpi ad segelincir orang yg melarang pemakaian garam atau obat biru. . , gmn pendapat’a gan?

Avatar

aby coker

April 8th, 2011 at 9:29 am

makanan ikan koki bisa ngak dengan plet ikan lain / bkn ikan pelet ikan mas koki ? balas

Avatar

MacFamous

April 9th, 2011 at 1:59 am

kalo bisa sih jangan karena memang sudah disesuaikan ya begitu barangkali ..

Avatar

sapnowo

April 11th, 2011 at 10:16 pm

ak juga piara koki di kosan, ada 4 kemarin beda jenis tapi, dan kemarin yg gold mati, aneh knapa ya??pdhl makan bagus, air juga pake air galon malah
tapi anehnya udah ada filter saring, filter pompa tapi kok airnya cpet keruh ya?

Avatar

MacFamous

April 14th, 2011 at 1:50 pm

kalo untuk matinya itu ikannya baru atau udah lama .. bisa jadi mungkin stress ..
kalo cepet keruh itu tergantung ukuran akuariumnya .. untuk ukuran 4 ikan koki jika akuariumnya kecil ya mesti jadi cepet keruh ..

Avatar

MasterWo

April 22nd, 2011 at 7:56 pm

Kalau ikan koki saya siripnya merah-merah itu, pengobatannya gimana? Kasian … :( takut mati soale

Avatar

Theo scumbag

April 22nd, 2011 at 9:00 pm

Npa prtnyaan saya gk d jwb. . , gmn cra nyegah n nymbhn koki dari jamur?

Avatar

em

April 23rd, 2011 at 3:34 pm

Numpang nanya nehhh….
Kl pke lampu d aquariumnya trus di masukin k dalam aquarium….it Gaaak ap2 y ma ikannya????
Trimksih…

Avatar

Resty anggarini

April 27th, 2011 at 12:01 pm

Tolong dibales , ka kalo misalnya ikan koki nya ga pake gelembung gmn ? Soalnya pake akuraium yg bulat , ikan ny cpet mati ga klo ga dikasi gelembung makasih

Avatar

MacFamous

April 28th, 2011 at 9:59 am

Ya kalo ga dikasih gelembung ya pasti mati dek .. soalnya koki memang ikkan hias yang selalu butuh udara .. coba cari gelembung yang kecil2 aja kan juga ada dek ;)

Avatar

sonixhyuga

April 29th, 2011 at 5:04 pm

Wah bagus infonya.. Numpang tanya nih ka, ikan koki ku kok di kepalanya ada merahnya, kayak darah nggumpal gitu.. Itu kenapa yah? Apa karna faktor airnya? Trus nyembuhinnya gimana? Thx b4

Avatar

MacFamous

May 1st, 2011 at 12:55 am

Untuk kondisi akuariumnya gmn, banyak pernak pernik atau tidak? Trus gumpal merah itu bawaan sewaktu beli atau baru saja?

Avatar

IsLur

May 4th, 2011 at 2:35 pm

Salam Kenal, Ane jg baru beberapa hari punya Ikan Mas Koki, beli 3 mati 2 (karena di bawa naik bus sekitar 3 jam) jd tinggal satu deh, hiks.. kacian sendirian…

# Jadi gimana ya Gan… cara transport ikan koki biar ga mati dlm prjalanan?

# Lalu gmn juga ngilangi kutu air yg nempel di ekor ikan koki, ane cb manual dicolek pk mika tipis, agak susah sih, tp dpt satu-satu. ada obat ny gak ya?…

Thanks….

Avatar

Julio

June 13th, 2011 at 1:32 pm

Kalo ga pake gelembung ga bisa mas.
Gelembung tujuannya untuk ngilangin amoniak dari ikan.

Avatar

ibnu

June 17th, 2011 at 9:01 pm

mau tanya nih? kalo saya lagi pergi, trus gmn cara kasih mkn ny

Avatar

MacFamous

June 19th, 2011 at 1:25 am

coba cari alat buat kasih makan ikan otomatis udah banyak kok dipasaran .. tp klo menurut pengalaman selama masih 3-5 hari ikan koki tidak dikasih makan sama sekali masih kuat. Sudah 2x saya alami soalnya.

Avatar

arik

June 19th, 2011 at 11:09 am

mas mau tanya.. Ikan koki saya d ekor.nyh banyak kutu air kecil2 , gimana cara ngilangin dan cara mencegah.nyh..
makasiih..

Avatar

putra

June 20th, 2011 at 1:18 am

makasih ya mas cb saya pratekin,,,

Avatar

candra

June 22nd, 2011 at 3:12 pm

gelembung biasanya brapaan?trus kokiq kok g makan pelet ya?apa karena peletnya bkn pelet koki?

Avatar

DwiMoon

June 25th, 2011 at 1:11 am

Kira2 bgaimana ya agar ikan bisa bertahan hidup tanpa harus diberi gelembung??

ini kokiQ juga ga mau makan pelet, apa ada pakan khusus???

Avatar

MacFamous

June 25th, 2011 at 10:20 am

Kalo ikan koki tanpa gelembung tidak akan bisa hidup. Kalo pelet coba cari yang murah saja seperti Takari dll. Mungkin jenis peletnya yang berbeda.

Avatar

marisa

July 9th, 2011 at 11:49 pm

tnk’s ia bang atas infonya…
soalnya saya juga baru 3 hari nih nyoba miara ikan koki..
o iya bang saya mau tanya,,tuh kalo misalnya mau d bawa perjalanan jarak jauh trus ga ada gelembungannya gmna tuhh biar ikannya gx mati…?
soalnya kmren aja gelembungannya mati sebentar ikannya kelepekan bang mau mati udeh gitu sama saya d kasih nafas buatan aja ehhh alhamdllah ikannya idup lagi……

Avatar

Putu agus

July 20th, 2011 at 3:01 pm

Mas.. Q dah 1,5 thn pelihara ikan koki d’ aquarium,tp kox ukuranny tetap sama seperti wktu prtama beli,.?? Gak mau tambah gede..tlg bls mas!! Tq.!

Avatar

puji

July 30th, 2011 at 8:01 am

Oh, nambahaim sedikit. Jumlah ikan koki jangan terlalu banyak dalam satu akuarium, kelihatannya sih lucu dan menarik tapi pasti ada yang mati. Untuk mengganti air sebaiknya menggunakan air rendaman 2 atau tiga hari. Ada tip lagi, untuk membuat gelembung air, sebainya meletakkan mesin sirkulasi jangan terlalu dalam atau di dasar aquarium, gelembungnya tak akan keluar. Maka geserlah agak ke tengah nanti gelembungnya keluar. Kecuali menggunakan mesin yang bagus, dia lebih kuat.

Avatar

rahma

August 1st, 2011 at 11:09 pm

crta’y sma kya aq,mndadak pgen plihara koki,krna ada aquarium bulat,akhir’y beli 3..prtma air’y g sering aq gnti,mati 1..alkhir’y stelah shari aq gnti/7 jam sekali,alhmdllh ikan idup,wlaupun tanpa gelembung

Avatar

juragan pulsa

August 23rd, 2011 at 11:18 am

thanks info nya mas, dapat ilmu nih tentang merawat ikan hias….. biasanya ikan hias ane sering mati boz…..

Avatar

onek

September 7th, 2011 at 12:09 pm

saya mau tanya mas knpa ikan saya maunya nenggak terus dan ga bsa diem gitu ??? tq

Avatar

ayu

September 9th, 2011 at 12:56 pm

mas,aku bingung nih. aku beli aquarium bentuk silinder ukursan 30 cm,diisi 2 ikan koki,n 1 ikan ekor komet. pake gelembung n filter spons. mau tanya kenapa ya kok cepet banget kotornya,jadinya tiap hari harus dicuci n diganti airnya. perlu diganti filter yg lbh canggih ato akuariumnya yg digedein?

Avatar

anin

September 17th, 2011 at 6:19 pm

mas, gmn cara ilangin parasit maskoki..
wkt bersih2 saya lihat d kepalanx ada spt kutu tp bening.
kira2 bahaya g?

Avatar

willy

September 24th, 2011 at 5:10 pm

mas, kalo setau saya si .
sebelum anda berniat untuk membeli koki.
belilah peralatan aquarium dan air pumpnya terlebih dahulu.
lalu , endapkan lah air 3 hari terlebih dahulu.
air baru hanya akan membuat ikan stress, jika anda berniat utk mencuci atau menguras aquarium, jangan di kuras semuanya,
ada tahapan yg harus anda ketahui.
kurangi volume air sekitar 1/4 lalu keesokan harinya setengah, lalu isi air 1/4 dan keesokan harinya baru full.
ikan koki rentan terhadap stress,
jika memelihara ikan koki dengan cara anda, maka saya jamin 3 – 4 bulan, koki anda akan mati.
thanks..

Avatar

muhammad

September 28th, 2011 at 12:06 pm

kenapa kalau mati lampu harus dikurangin air-nya?

Avatar

isal

October 7th, 2011 at 10:45 am

nice info bos

Avatar

isal

October 7th, 2011 at 10:48 am

tips ; klo ikan mau cepat besar coba, berilah cacing karena kandungan protein dan lemaknya tinggi untuk pertumbuhan, dan seringlah ganti air, minimal sehari 1/5 kapasitas air

Avatar

joddy herawan

October 8th, 2011 at 7:23 am

Mas, kalo tanpa gelembung tapi saya punya pompa air. Jd airnya ngalir gitu, kotoran ikannya kesedot lwt pompa air . Itu bisa gak. Trus kook koki mutiara saya mati tanpa sebab ya? Knp tuh bagian tubuhnya juga gapapa. Emang sih dicampur sama koki yang lain………. Terus bagian bawah ikan koki mutiaraku digigitin mulu sama koki jambul………… Apa harus dipisah? Mohon bantuannya ya :)

Avatar

Arfan fauzi soffan

October 8th, 2011 at 7:28 am

Kalau pakai aquarium yang bulat gimana cara merawatnya.

Avatar

MacFamous

October 8th, 2011 at 6:21 pm

pake pompa air bisa .. betul untuk beberapa family koki memang tidak bisa dijadikan satu, dan faktor mati mungkin bisa karena hal lain ..

Avatar

kris mahardhika

October 18th, 2011 at 3:36 pm

kalo koki gw sehat” selalu,,,,hehe,,,,

Avatar

Gannie

October 20th, 2011 at 8:53 am

Hallo pagee..
Mo nanya seputaran koki..aq ud beberapa kali gagal memelihara koki..padahal ud sering2 baca artikel selalu ada permasalan baru..aq punya koki kepala merah n badan dominan putih..tapi koq tiba2 badannya ada bercak2 kaya lebam warna merah..apa karena parasit yaa..??gmana cara ngerawat n ngilanginnya..??
Di bantu yaaa dibantuu..

Avatar

nina

October 21st, 2011 at 10:32 am

waaah bermanfaat baget nih,thankyu ya infox,kbetulan sy juga lagi suka ikan hias akuarium,tapi belum berani mulai soalnya adik sy sudah mulai tapi ikan2 hias adik sy suka mati mendadak…..jadi kasihan kalo sy paksakan…

Avatar

tasya nabilla septiandini

November 4th, 2011 at 2:23 pm

makasi tipsnya om :D

Avatar

ruly yusnita

November 29th, 2011 at 6:08 pm

Kalo saya sih udh dua thn piara ikan koki, alhamdullillah ikan saya masih idup smua sampai hr ini, perawatannya sminggu skali dikuras,dicuci bersih aquariumnya, gelembung udara wajib diganti kalo rusak, jgn dibiarin berjam-jam tanpa gelembung udara, tp kalo soal pencampuran air lama dgn air y baru diganti ga pernah sy lakukan soalnya sy pengennya aquarium itu jernih kalo abs dikuras,kalo dicampur air lama kan jd butek dikit.Belakangan ikan koki sy sering sy tinggl slama duaminggu,tp ikanku mash idup dan selamat tanpa kekurangan suatu apapun,hee..he ikanku memang ikan y baik dan sabar

Avatar

oki

December 14th, 2011 at 12:09 pm

@ ruly yusnita,

kok bs sih mas, kuras aquarium tp tdk dicampur dgn air yg lama?
sy ud beli 3x mas koki, dan sering kuras aquarium tnp dicampur air lama, tp keseringan mati semua ikannya- apa resep nya mas?? pdhl aquarium sy ud ada pump filter busa…

Avatar

ulum

December 16th, 2011 at 2:06 pm

saya masih bingun sma jenis kelaminnya mas,and tanda tandanya ikan yg sip kawin tu apaa?

Avatar

ui_k-pop

December 17th, 2011 at 7:11 pm

kalo akuariumnya kecil gak pake gelembun udara bisagak?

Avatar

ekoprabowoabianto

December 23rd, 2011 at 2:56 pm

mas saya mau tanya gimana sich cara membedakan yang betina atau jantan nich .trims ….

Avatar

Prince Hunter

December 30th, 2011 at 8:16 pm

mas ,,qok ikan saya warna nya jadi pudar ya?
apa harus di beri pencahayaan gitu biar warna nya gak pudar ?

Avatar

mariana

December 30th, 2011 at 11:43 pm

boleh di coba tuh cara merawatnya, btw skalian dong makanan ikan koki apa yg bagus n hidup d air ap??????

Avatar

Reyfal

January 1st, 2012 at 7:45 pm

Saya punya sepasang ikan mas koki jambul… mau nanya nih..
bisa ngak kawin tanpa ada proses yang saya lakukan… ???
dan ukuran berapa ikan mampu kawin ??

mkasih… ^_^

Avatar

teguhsan

January 10th, 2012 at 8:45 am

Saya memelihara ikan koki, ekor ikan koki saya ini habis digigit oleh kura2x yang nyelonong masuk kolam….kira2x ekor nya bisa tumbuh lagi gak ya?

Avatar

eka

January 27th, 2012 at 10:44 pm

ikan koki.q ada jamur.nya kaya bintik2 putihnya itu d seluruh badan.
terus kalo di biarin besok gitu ikannya lemas terus mati,gimana bisa hilangin itu jamur?
tolong bantu ya….thkzz

Avatar

artikel menarik

February 7th, 2012 at 2:45 am

terima kasih tips nya boz, sangat membantu.sukses selalu

Avatar

Andi

February 16th, 2012 at 12:29 am

Mau nanya mas,saya pelihara ikan koki di akuarium bsr ada skitar 18 ekor sdh 1 thn lbh.Tp bbrp minggu blakangan smua ikan koki saya terkena penyakit yg bermacam-macam mulai dari badan membengkak, buntut n sirip rawing,sisik rontok,dll.Sudah sy beri garam nonyodium n obat biru tp tetap tdk sembuh.Apakah mas tau cara mengobatinya?terima kasih

Avatar

smileboy

March 29th, 2012 at 5:35 am

kak, kalau ikan koki di aquarium bulat tpi g pke gelembung,,,,
klau pke gelembung soalnya malah cepet butek,,,,
g mna kak solusi nya?

Avatar

Cmotzs girls

April 8th, 2012 at 10:40 am

Kak, ak mau tanya nie..ak d rmh py ikan koki 2. Nah ikannya pada kena kutu trus sm ak mau di kasih obat kutu blas. Ap itu blh y untuk ikan koki? Trus ak jg kasih garam ikan apa itu bsa mematikan kutu ikan?

Avatar

Dessy pangestu

June 8th, 2012 at 8:46 am

Huhu aku pelihara ikan mas koki gak pernah awet da, wasalam nya cepet kali :(

Avatar

billtwin

July 8th, 2012 at 6:41 pm

saya sudah 3bln pelihara ikan mas koki,tetep saja byak kutu,sampai saya jiji melihat kutu.a krn sdh t.lalu byak..apakah akan mempan kalo cm pake garam ikan ?

Avatar

Tips dan Trik Blogger

August 12th, 2012 at 9:52 am

makasih infonya gan, kunjungi balik blog saya okeeh

Avatar

Tri Hambudi Utomo

September 12th, 2012 at 7:41 pm

Kalo Nggak pakek gelembung air nggak papa? :/

Avatar

Sergio V.

October 5th, 2012 at 8:19 pm

Aku dah melihara ikan koki sejak dulu dan sekarang sdh bisa memelihara ikan koki dengan baik

Avatar

JOJON

November 29th, 2012 at 9:10 am

Hoooaammmzz

Avatar

Diont Penyu

December 20th, 2012 at 12:26 pm

Cara ternak ikan mas koki gmana nih ?
Butuh bimbingan, bukan browsingan

Avatar

AZZSENK AZJJHHAA

February 11th, 2013 at 9:15 pm

manteb kk infonya,, kalo saya setiap ganti air lngsung saya cmpurkan dengan obat biru ,, lalu saya biarkan beberapa menit smpai air barunya jernih,, alhmdulillah ikan saya sehat kok

Avatar

rido

February 13th, 2013 at 9:26 pm

kalo make air pump harus make filter lagi biar lebih baik? atau bisa cuma make filter?

Avatar

muhammad abdul rahman_wp

February 27th, 2013 at 1:06 am

Gw udah 3x melihara ikan mas koki …tapi selalu gagal (mati) yang pertama mati gara”ga ada oksigennya (gw langsung bli oksigen) yang kedua gw beli lagi ikan yang sama trus langsung gw kasiin oksigen sempet idup tuh ikan gw selama 3hari ehh pas gw pulanh main jam 3 pagi tau”ikan gw pada mati semua gara”oksigennya jatoh kebawah …dan yang ketiga alhamdulillah ikan gw hidup dan ga pernah mati karna gw lem oksigennya diakuarium …
Ikan mas koki ga bisa hidup tanpa oksigen boy …
Sekian pemberitauan gw buwat kalian para pemula

Avatar

reno

March 5th, 2013 at 8:17 am

ikan koki gw add bintik” putih y.. trs klo brenang suka kebalik perut y yg ke atas. knph y..
eh pas pagi y ikan y mti… stu / stu…. ╯︿╰

Avatar

amy

March 12th, 2013 at 3:52 pm

saya lagi plihara koki..prtma beli spasang..cm brthan smalam,paginya mati..saya nangis.besoknya saya tanya lg k yang jual..ternyta airnya gak boleh baru..akhirnya saya beli lagi 1..bsok paginya mati lagi..kna kbetulan gk pake oksigen,sbelumnya kt yg jual gak papa..sbagai gnti oksigen pakai aja tnaman hidup..aquarium saya kecil,jd saya pkir gk prlu pke oksigen.
ketiga kalinya..akhirnya saya beli oksigen..skarang ikannya ceria..smoga brthan lama.

Avatar

ardhian makkaty

March 20th, 2013 at 2:49 pm

aq punya ikannya 2,, tpi q g punya alat utk buat gelembung….
dimana belinya

harus di jawab

Avatar

cahsaya

March 29th, 2013 at 3:02 pm

Hallo pagee..
Mo nanya seputaran koki..aq ud beberapa kali gagal memelihara koki..padahal ud sering2 baca artikel selalu ada permasalan baru..aq punya koki kepala merah n badan dominan putih..tapi koq tiba2 badannya ada bercak2 kaya lebam warna merah..apa karena parasit yaa..??gmana cara ngerawat n ngilanginnya..??
Di bantu yaaa dibantuu..

Avatar

kembo

May 27th, 2013 at 8:12 am

Makanan ikan mas koki itu apa ? ? ?

Avatar

alya

May 27th, 2013 at 1:11 pm

Ikan mas aq mati 40lbh ekor dlm satu hari

Avatar

obaet

June 1st, 2013 at 12:04 pm

Tips aj..
Klo mw d bwa tanpa gelembung hrus d kasih oksigen murni..

Avatar

ari

June 10th, 2013 at 1:49 pm

klo pake air PAM biarkan diendapkan dulu selama 1 hari, klo listrik padam terutama untuk koki ukuran sebesar telapak tangan agar secepatnya dipindahkan kedalam bak mandi dan air kran dibiarkan mengalir sedikit agar terdapat gelembung udara…

Avatar

ari

June 10th, 2013 at 1:51 pm

untuk pakan saya menggunakan pelet ikan biasa cuma mungkin ukurannya yg lebih kecil…

Avatar

teguh baik

June 24th, 2013 at 4:33 pm

Wah… Bermanfaat bangetz n tuch… Thanks yA buat tipsnya…;-) ..

Avatar

Yayu

July 24th, 2013 at 10:30 pm

aku juga melihara ^_^

aku suka artikelnya

Avatar

Yanto

October 23rd, 2013 at 11:51 am

Numpang lapak gan, Jual produk2 untuk pembenihan udang dan ikan al : Artemia, Spirulina, Ovaprim, Probiotik, Multivitamin dll. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hub 0812 2841 280. Yanto. Terima Kasih

Comment Form